Whats New?

Mengatasi Laptop Yang Lambat Tanpa Software

Mengatasi Laptop Yang Lambat Tanpa Software
Pernah mengalami hang pada laptop ? atau loading yang super lama, padahal aplikasi yang dibuka itu ringan. Lalu, bagaimana perasaanmu? kesel? sama, saya juga sering mengalami hal tersebut, tapi pernah gak sih kalian berfikir apa penyebab dari masalah tersebut? atau malah kalian pasrah-pasrah aja? heheheh...

Nah, maka dari itu, disini saya mau memberikan sedikit ilmu nih, bagi yang pernah ngalamin masalah ini, tapi belum dapet solusinya. 

Tapi sebelum saya ke solusinya, mari kita bedah dulu, apa sih penyebab laptop hang itu?

  • Kapasitas RAM yang kecil

Mengatasi Laptop Yang Lambat Tanpa SoftwareRandom Acces Memory atau yang disingkat dengan RAM merupakan sebuah memori yang digunakan untuk menyimpan data sementara pada komputer ketika menjalankan suatu program.
Mudahnya begini, semakin banyak program yang berjalan pada laptop anda, semakin banyak juga RAM yang dibutuhkan. RAM ini memiliki peranan paling utama dalam hal multitasking atau menjalankan program secara bersamaan dalam satu waktu.

Solusinya : 
Jadi jika laptop anda lemot atau crash ketika menjalankan beberapa program secara bersamaan, anda harus menambahkan kapasitas RAM pada laptop anda menjadi lebih besar, agar proses multitasking maupun kinerja laptop jauh lebih cepat.
Untuk harga RAM dengan kapasitas 4GB kisaran 400 ribu (tergantung merk dan tempat dimana anda membeli).

 
  • Banyaknya Program Yang Dijalankan Dalam Satu Waktu (Multitasking)

Mengatasi Laptop Yang Lambat Tanpa Software

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, salah satu yang menyebabkan laptop menjadi lemot adalah berjalannya banyak program dalam satu waktu. Hal ini menyebabkan kerja komponen utama laptop, seperti processor dan RAM menjadi berat.


Solusinya :
Cobalah untuk menjalankan program satu per satu agar kerja processor maupun RAM menjadi lebih ringan. Jika anda terus memaksakan membuka banyak program dalam satu waktu, jangan salahkan jika laptop anda akan hang atau not responding.
Berbeda lagi jika laptop anda memang memiliki spesifikasi yang tinggi, misal laptop dengan processor Intel Core i7 dan memiliki RAM 8GB, tentu hal ini tidak terlalu menjadi masalah. (tergantung juga dengan jenis aplikasi apa yang dijalankan)

  • Adanya Virus Atau Malware Pada Laptop Anda

    Mengatasi Laptop Yang Lambat Tanpa Software
Yang namanya virus, kerjaannya pasti merusak. Lebih menjengkelkannya lagi virus ini bisa menggandakan diri (mutasi) dan menjadi penyebab utama kinerja laptop menjadi lambat.
Selain merusak data-data penting anda, virus ini juga dapat merusak file-file system yang menyebabkan laptop menjadi lelet dan hang.

Solusinya :
Gunakan antivirus handal untuk melindungi laptop anda dari virus/ malware. Pada dasarnya fungsi semua antivirus itu sama, melindungi laptop anda dari yang namanya virus. Tapi tidak semua antivirus dapat membendung serangan virus yang menjengkelkan ini.
Jika laptop anda terlanjur terinfeksi virus/ malware dan berbagai antivirus dari A sampai Z tidak dapat mengatasinya, saya sarankan segera lakukan install ulang windows anda. Sesudah itu, lakukan beberapa tips berikut ini untuk meminimalisir laptop anda terinfeksi virus :
  
Update secara berkala (database) antivitus anda 
Setiap harinya ‘mungkin’ akan ada virus baru yang tercipta. Misalkan database antivirus anda out to date, jika anda terinfeksi virus baru tersebut, antivirus anda tidak akan mengenalinya karena virus baru tersebut tidak terdapat pada database virus anda. Maka dari itu, penting bagi untuk selalu rutin memperbarui database antivirus anda.
  • Jangan download sembarangan dari internet 
Internet ini seperti “darah” pada tubuh manusia, yang merupakan media utama penyebaran virus. Jadi pastikan anda lebih bijaksana dan tidak sembarangan dalam mengunduh apapun dari internet.
  • Jangan colokkan sembarang FD pada laptop anda
Maksudnya, jika anda mencolokkan FD yang terinfeksi virus pada laptop anda, besar kemungkinan laptop anda juga akan terinfeksi virus.
Maka dari itu, ketika mencolokkan FD ke laptop anda, pastikan anda melakukan scanning terlebih dahulu pada flashdisk tersebut. Misalkan flashdisk tersebut terinfeksi virus, antivirus anda akan mengkarantina atau menghapus virus tersebut.
 
 
  • File Temporary (Sampah) yang menumpuk 
File temporary biasanya selalu muncul saat setelah/pada saat kita membuka sebuah aplikasi, ukurannya pun bermacam-macam, dari yang ringan, sedang, hingga berat, bahkan sangking beratnya bisa mencapai ber GB", pengaruhnya pun sangat besar terhadap kinerja Laptop.
Solusinya:
  1. Buka Windows Explorer (Windows + E) atau buka My Computer
  2. Pada Address Bar, ketik " %temp% " (tanpa tanda kutip)
  3. Maka akan muncul Folder Temp, kita bisa lihat disitu ada banyak sekali file-file dan folder yang berextensi .TMP
  4. Untuk menghapusnya, cukup Pilih semua file dan folder tersebut (Ctrl + A)
  5. Kemudian, tekan tombol DEL/DELETE pada keyboard.
  6. Setelah selesai dihapus, sekarang kita akan menuju ke Recycle Bin
  7. Pada Address Bar, ketik Recycle Bin, disitu kita akan lihat file dan folder yang telah kita hapus tadi, ditahap ini kita akan menghapus secara permanen file tersebut, dengan cara Pilih semua file dan folder tersebut (Ctrl + A), Kemudian, tekan tombol DEL/DELETE pada keyboard.
  8. SELESAI....
  9. Rasakanlah perbedaanya sebelum dan sesudah kalian melakukan cara diatas...
 
Demikianlah sedikit info yang bisa saya bagikan kali ini, semoga dapat bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar, kritik dan saran anda sangat saya harapkan..
 
Wassalamualaikum Wr.wb 
TAGS: Data pengguna facebook bocor, kasus facebook, kasus mark zuckerberg, tutorial blog seo, template blog seo, download game terbaru, download film terbaru, tutorial photoshop, template after effect, Profil band Coldplay, album coldplay, sejarah coldplay, sejarah band coldplay, biografi band coldplay, personil coldplay, sekilas tentang coldplay, album Coldplay Ghost Story, album Coldplay A Head Full of Dreams, Album Coldplay Ghost Story, album Coldplay Viva la Vida or Death and All His Friends, album Coldplay Mylo Xyloto, album Coldplay  X & Y, album Coldplay A Rush Of Blood To The Head, album Coldplay Parachutes Album,  tutorial blog seo friendly, widget blog seo, desain website, Mengatasi Laptop Yang Lambat Tanpa Software, menghapus file sampah pada windows 10, penyebab laptop hang, penyebab laptop menjadi lambat, solusi laptop yang lemot.